Sunday, October 31, 2010

Tugas Lecture Message bulan Oktober

Studentsite Gunadarma

http://Studentsite.gunadarma.ac.id

Universitas Gunadarma banyak sekali memiliki layanan online untuk mempermudah mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. Beberapa layanan online tersebut seperti baak online, studentsite, UG wartawarga, perpustakaan online dan lain sebagainya. Kali ini saya akan membahas tentang Studentsite.

Kemudahan dan kenyamanan mahasiswa dalam menjalankan studi di Universitas Gunadarma merupakan salah satu faktor penting yang senantiasa menjadi prioritas dan perhatian pihak Universitas untuk terus dikembangkan. Salah satu layanan terbaru yang diberikan kepada mahasiswa adalah “STUDENT SITE ” yang telah di-launching pada tanggal 23 November 2006. Dalam waktu satu minggu setelah kegiatan sosialisasi di Auditorium Universitas Gunadarma, jumlah mahasiswa yang sudah memanfaatkan fasilitas terbaru tersebut lebih dari 500 orang.

STUDENT SITE adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.

Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut.


Menu yang ada di halaman muka Studentsite

· Studensite Login:untuk mengakses account Studentsite masing-masing mahasiswa Gunadarma

· Berita Studentsite: Kabar terbaru untuk memberikan sajian informasi kepada Mahasiswa

· Studentsite Aktivasi: Untuk mendaftar pengaktivasian studentsite bagi mahasiswa baru atau yang belum memiliki studentsite

· Studentsite kontak: Untuk melapor suatu permasalahan pada peng-aktivasian Studentsite

· FAQ Studentsite: Masukan atau pertanyaan- pertanyaan yang ingin ditanyakan jika memiliki masalah yang berkaitan dengan studentsite

Apa saja yang bisa dilakukan mahasiswa dalam STUDENT SITE ini ?


Mahasiswa bisa membaca berita-berita terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas. Selain itu, segala berita akademis yang bersumber dari BAAK juga dapat dipantau dalam suatu fitur STUDENT SITE.

Berikut ini Menu-menu dan Fitur-fitur yang ada di Studentsite Gunadarma:

Menu- Menu Utama di Akun StudentSite:

  1. LOCKER, Seperti halnya loker biasa yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi si pemilik, fitur LOCKER ini juga meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. Jadi dengan hanya membuka “LOCKER”, mahasiswa bisa tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma.
  2. ADDRESS BOOK, yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.
  3. CALENDAR, Fitur ini memungkinkan si mahasiswa mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan.
  4. FILE MANAGER, Mahasiswa juga dapat menyimpan dan mengelola file-file yang dimilkinya.
  5. FORUM, Mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan sejawatnya melalui fitur ini.
  6. POLLS, fitur ini semacam kuesioner. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang
    sedang terjadi. dan bisa dipergunakan sebagai pengganti angket jika ada tugas yang
    memerlukan angket sebagai datanya, tapi sayang, menu ini jarang sekali di jamah oleh
    mahasiswa.
  7. E-MAIL, dengan kapasitas 100 MB. Fitur email ini dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi dengan STUDENT SITE, sehingga si mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat menyurat elektroniknya.
  8. BOOKMARK adalah fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini si mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.

9. LogOut, link untuk keluar dari akun Studentsite mahasiswa.

10. InfoLog, untuk melihat jadwal yang telah mahasiswa buat, jadwal telepon, dan catatan- catatan penting.


Menu Layanan Studentsite

  • Home: pada menu Home terdapat Info dari BAAK UG dan Kalender Akademik Universitas Gunadarma.
  • BAAK News: terdapat informasi dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) yang menyangkut kegiatan- kegiatan kemahasiswaan. dan informasi yang mengenai administrasi akademik.
  • Lecturer Massage: Berisi Tugas- tugas dari dosen pembimbing mata kuliah dan pesan- pesan yang menyangkut kegiatan perkuliahan.
  • Rangkuman Nilai: berisi rangkuman nilai Mahasiswa selama perkuliahan. yang menyangkut nilai pada perkuliahan, kegiatan- kegiatan seperti workshop/kursus, PI / Skripsi / Aptitude / Perpus / Sidang, Ujian Mandiri UTS, dan UTS.
  • Jadwal Kuliah: berisi jadwal perkuliahan yang Mahasiswa jalani.
  • Jadwal Ujian: berisi jadwal kapan Mahasiswa menjalani Ujian.
  • Bebas Perpustakaan: untuk membuat formulir permohonan bebas perpustakaan yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang skripsi pada mahasiswa tingkat akhir
  • Surat Keterangan: berisi contoh Formulir surat keterangan. seperti menjadi anggota perpustakaan, asuransi kesehatan, pengunduran diri, melamar kerja, tunjangan pensiun kantor orang tua, magang kerja, memperoleh data penulisan ilmiah, memperoleh data skripsi, analisis data, kerja praktek, permohonan magang kerja, dan tunjangan gaji dari kantor orang tua. jenis- jenis surat tersebut terdapat pada menu ini.
  • Informasi Absensi: berisi informasi absensi selama menjalani perkuliahan yang bisa dilihat mahasiswa semester 6 untuk melihat seberapa aktif mahasiswa tersebut dalam kegiatan perkuliahan.
  • Pendaftaran Lomba Blog: menu ini berisi formulir pendaftaran lomba blog bagi mahasiswa yang ingin mengikutinya.
  • Info Seminar: berisi informasi acara seminar yang diadakan universitas gunadarma.
  • Tulisan (UG Portofolio): untuk me-link tugas- tugas selain tugas softskill dan tulisan- tulisan yang di buat Mahasiswa dalam Blog. selain itu tulisan juga bisa kita muat di Warta Warga Universitas Gunadarma.
  • Tugas (UG Portofolio): sama fungsinya dengan menu tulisan. tetapi hanya tugas softskill yang boleh dimasukkan dalam menu ini.
  • Deposit Library: dalam Deposit Library ini kita bisa meng- upload Penulisan Ilmiah atau skripsi. serta membuat permohonan bebas perpustakaan.
  • Warta Warga UG: dalam menu ini kita bisa membuat posting atau penulisan yang akan masuk di Warta Warga UG.
  • Blog Komunitas: terdapat beberapa blog komunitas dalam menu ini. tergantung blog mana yang sesuai dengan minat dan jurusan mahasiswa yang ingin menulis posting di salah satu blog komunitas berikut: Blog Komunitas Perbankan, Linux, fotografi, robotika, arsitektur, Ekonomi syariah, dan Pasar Modal.

Beberapa Fungsi dan Kelebihan

  • Memudahkan Mahasiswa Universitas Gunadarma untuk mengumpulkan tugas dengan cara mem-posting tugas dari blog ke studentsite.
  • Tampilan studentsite sangat baik dan mudah dipahami
  • Dapat melihat informasi penting bagi para mahasiswa Gunadarma
  • Dapat melihat informasi mengenai UKM (unit kegiatan mahasiswa)
  • Dapat melihat nilai IPK
  • Untuk mendukung proses belajar-mengajar
  • Informasi jadwal kuliah dan ujian
  • Informasi atau tugas dari dosen
  • Daftar Nilai Sementara (DNS)
  • USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, pendaftaran sidang akhir, dan pemesanan surat keterangan.

Kekurangan

· Jika mengirim email melalui layanan ini, kita tidak bisa mengetahui apakah email yang kita kirim ini sudah terkirim atau belum.

· Masih terdapat beberapa fitur-fitur yang belum dapat dimaksimalkan.

No comments:

Post a Comment