Friday, October 11, 2013

Contoh Pelanggaran Etika Sehari-hari



Nama : Zoma Aryo Widagdo
NPM  : 282 10 834
Kelas  : 4EB17

Berikut ini contoh beberapa pelanggaran etika yang saya temui sendiri dalam beberapa hari ini:

Minggu(6-10-13), Ada suatu kelompok (saya termasuk didalamnya) dimana dituntut suatu kerjasama dan support yang baik satu sama lain untuk kelompok tersebut dapat menyelesaikan pekerjaan dan mencapai tujuannya. Tapi sangat disayangkan ada beberapa orang dari kelompok tersebut yang tidak memahami makna dari kerjasama. Sebut saja si A, pada awalnya si A dalam kelompok ini tidak melakukan hal yang menghambat kerja kami, tapi beberapa saat kemudian si A mulai menyebabkan beberapa masalah yang berdampak pada kinerja kelompok kami, seperti datang dan pergi seenaknya meninggalkan anggota kelompok yang lain, mengganggu anggota lain sehingga menghambat pekerjaannya dan membuang/ menyia-nyiakan sumber daya yang ada. Si A pun ditegur, tapi si A diam saja dan tak menanggapinya. Akibat hal tersebut anggota yang lain si B mulai menyalahkan 1 sama lain, si C pun mulai risih dengan si B. Dan akhirnya kami gagal menyelesaikan tugas pada hari itu juga.

Senin(7-10-13), Saat sedang di kampus J4 Gunadarma ada seseorang sebut saja si "A". Di sebuah ruang kelas si A ini mengambil sebuah tabloid (tabloid yang diterbitkan Gunadarma seminggu sekali) dan membacanya. Selang satu menit setelah dilihat-lihat dia membuang begitu saja tabloid tersebut ke lantai. Tak lama kemudian diambil lagi, diambillah satu lembar dan dijadikan alas untuk kakinya (memang pada saat itu si A tidak mengenakan alas kaki), dan sisanya dibuang lagi kelantai.

Selasa(8-10-13), Pelanggaran ini saya lihat saat perjalanan pulang menuju rumah, dimana harus melewati beberapa lampu merah untuk sampai tujuan. Sebut saja sekarang ini si PM, di lampu merah pertama yang saya lewati si PM ini sepertinya kurang sabaran, dia menerobos lampu merah yang padahal kurang sekitar 10 detik lagi gilirannya lewat. Di lampu merah berikutnya si PM2 di saat lampu masih merah, si PM2 ini memutar arah motornya, untung saja kendaraan dari arah berlawanan sedang tidak ramai saat itu.

Rabu(9-10-13), Dimalah hari yang dingin, saya sedang asik santai-santai ngumpul bareng temen-temen perumahan, ngobrol-ngobrol seperti biasa. Tak lama kemudian datanglah teman kami satu orang lagi, akhirnya dia ikut nimbrung, *set set set* eh dia mengeluarkan dan menyalakan sepuntung rokok, udah gitu kadang" asapnya disemburin kesebelahnya, nah yg kena sembur nepok tangan yg ngerokok sampe rokoknya jatoh, diinjak deh rokok tersebut sampai mati (sekalian buang sampah sembarangan), si perokok bilang "wah sisa Rp400 tuh rokok gw". Hahaha.

Kamis(10-10-13), Saat sedang disuruh membeli sesuatu oleh orang tua ke warung deket rumah, kebetulan warung tersebut sedang ramai pembeli. Nah, mau tidak mau saya antre karena penjualnya sedang melayani seorang Ibu-ibu. Sedang asik-asiknya mengantre (seperti biasa) ada seorang Bapak-bapak datang, ia langsung menuju ke kasir meminta rokok sebungkus. Setelah dibayar langsung pergi deh Bapak-bapak itu. Dan kejadian ini sering terjadi sebelum-sebelumnya.

Sekian pelanggaran-pelanggaran yang saya temui, mohon diambil baiknya dan dijauhi keburukannya.

No comments:

Post a Comment