Friday, May 6, 2011

Tugas 2

PENGERTIAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN


Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan produk domestic bruto suatu Negara atau daerah dalam jangka panjang. Kenaikan PDB tersebut lebih besar daripada tingkat pertumbuhan penduduk. Singkatnya, pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatu Negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan dalam jangka panjang. Dalam pembangunan ekonomi, kenaikan pendapatan masyarakat diikuti pula oleh perubahan dalam struktur social dan sikap masyarakat.

Ada 4 unsur dasar perencanaan :

1. Sumber Daya

Perencanaan merupakan alat pengalokasian sumber daya. Sumber daya di sini mencakup sumber daya manusia; sumber daya alam (tanah, air, hasil tambang, dan sebagainya); sumber daya modal dan keuangan. Perencanaan mencakup proses pengambilan keputusan tentang bagaimana sumber daya yang tersedia itu digunakan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, kuantitas dan kualitas sumber daya tersebut sangat berpengaruh dalam proses memilih di antara berbagai pilihan tindakan yang ada.

2. Waktu

Perencanaan mengacu ke masa depan. Salah satu unsur penting dalam perencanaan adalah unsur waktu. Tujuan-tujuan perencanaan dirancang untuk dicapai pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, perencanaan berkaitan dengan masa depan.

3. Pemilihan

Perencanaan merupakan proses memilih di antara berbagai kegiatan yang diinginkan, karena tidak semua yang diinginkan itu dapat dilakukan dan dicapai dalam waktu yang bersamaan. Hal itu menyiratkan bahwa hubungan antara perencanaan dan proses pengambilan keputusan sangat erat

4. Tujuan

Perencanaan merupakan alat untuk mencapai tujuan. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang perencana adalah bahwa tujuan-tujuan mereka kurang dapat dirumuskan secara tepat.


STRATEGI & PEMBANGUNAN INDONESIA KE DEPAN.


Ada 4 (empat) tantangan yang dihadapi Indonesia, yaitu:

(i) otonomi daerah,

(ii) pergeseran orientasi pembangunan sebagai negara maritim,

(iii) ancaman dan sekaligus peluang globalisasi, serta

(iv) kondisi objektif akibat krisis ekonomi.



Ada lima prioritas pembangunan nasional. Prioritas pembangunan nasional tersebut sebagai berikut :

· Membangun system politik yang demokratis serta mempertahankan persatuan dan kesatuan.

· Mewujudkan supremasi hokum dan pemerintahan yang baik.

· Mempercepat pemulihan ekonomi dan memperkuat landasan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan yang berdasarkan system ekonomi kerakyatan.

· Membangun kesejahteraan rakyat serta meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan ketahanan budaya

· Meningkatkan pembangunan daerah.

SISTEM PERENCANAAN PEMBANGUNAN INDONESIA


1.Asas dan Tujuan


Berdasarkan Pasal 2 ayat 3 UU No.25 Tahun 2004, system Perencanaan Pembangunan Nasional diselenggarakan berdasarkan Asas Umum Penyelenggara Negara. Adapun asas umum penyelenggaraan Negara tersebut adalah sebagai berikut :

· Asas kepastian umum

· Asas terti penyelenggaraan Negara

· Asas kepentingan umum

· Asas keterbukaan

· Asas proposionalitas

· Asas professional

· Asas akuntabilitas

No comments:

Post a Comment